DAYA TARIK DESA WISATA SOMONGARI

Rabu, 16 Januari 2013

DAYA TARIK DESA WISATA SOMONGARI


Desa Wisata Somongari merupakan wisata alternatif yang unik yang mengobinasi akan kegiatan desa yang alami dengan program-program wisata budaya yang  asli berkembang di desa ini. Wiata desa ini juga sangat mendidik bagi anak-anak dan dapat diikuti oleh anggota keluarga. Di sini anak-anak dapat mengikuti program pengenalan dan pelatihan singkat seni kerajinan yang bernuansa alami karena terletak di pegunugan yang bebas dari polusi udara maupun air.
Anak-anak dapat juga berinteraksi dengan masyarakat langsung saling berbagi cerita baik melalui keunikan dan potensi yang dimiliki oleh anak-anak.Baik dengan seni budaya maupun berbagi tanaman untuk mewujudkan green ekonomi yang dicanangkan Badan Dunia tentang lingkungan hidup (UNEP = UNITED NATION ENVIRONMENT PROGRAMME).

Desa Wisata Somongari mempunyai daya tarik yang dapat diikuti oleh anak-anak ataupun bagi keluarga.
1.Desa ini merupakan tempat kelahiran W.R. Soepratman.
2. Merupakan pusat buah durian dan manggis.
3. Air terjun Silangit.
4. Seni budaya Jolenan.
5. Pusat rempah-rempah.
6. Wisata ziarah
7. Home industri gula semut, pengolahan kulit manggis    
    yang berkhasiat obat.
8. Wisata alam yang menyegarkan karena bebas dari polusi
    udara dan air sehingga air di desa ini kandungan oksigen 
    masih bagus dan baik bagi kesehatan.

DISKRIPSI TEMPAT :

1.LOKASI :
   DESA SOMONGARI
   Kec. KALIGESING
   PURWOREJO
   JAWA TENGAH
   INDONESIA
   Reservasi :

2. CARA MENUJU LOKASI :
    Kendaraan umum/ mikrobus
    Kendaraan pribadi

3. Fasilitas :



MANFAAT BAGI PENGUNJUNG 

1. Belajar sesuatu yang baru (Learning to know) :
Desa wista Somongari memberi pengetahuan kepada anak-anak tentang kehidupan masyarakat dalam kesehariannya sampai berbagai kesenian tradisional merupakan bagian dari kehidupan yang mungkin jarang diketemukan di daerah lain ataupun dari kota. Disini anak mendapat pembelajaran langsung tentang kehidupan.

2. Belajar melakukan sesuatu (Learning to do) :
Dengan mengikuti kegiatan di Desa Wisata Somongari ini anak-anak dapat belajar mengenai kesenian yang ada di Desa Somongari ,home industri serta kegiatan lain yang berinteraksi dengan alam ,sehingga anak-anak dapat mengekspresikan imajinasinya.

3. Belajar bersosialisai /kerjasama (Learning to live together):
Membantu mengembangkan kecerdasan emosi anak karena kegiatan disini memerlukan kerjasama satu sama lain, sehingga anak akan mengenal kehidupan bermasyarakat dan meningkatkan pemahaman kehidupan desa meskipun secara fisik berbeda jauh dari kehidupan kota yang penuh kebisingan dan radiasi yang selalu menghantui anak-anak.

4. Belajar untuk memperbaiki diri (Learning to be) :
Membantu pengembangan kecerdasan emosi anak untuk lebih menghargai kebudayaan tradisional dan kerja keras dan menanamkan rasa syukur mereka terhadap anugerah yang diberikan Tuhan YME.

LAIN-LAIN  

1 komentar: